Wednesday, July 16, 2014

About Being a Liaison Officer

Selimut pagi, Sisters!
Ah kangennya menyapa para pendengar waktu masih siaran radio, hihihi.
Dulu biasanya saya siaran pagi, nah kan masih ngantuk-ngantuk gitu, jadilah saya biasanya memplesetkan selamat pagi jadi selimut pagi :)))

Ngomongin tentang radio, saya pernah cerita disini kalau jadi penyiar ga cuma kasih saya ilmu tentang siaran aja. Kali ini saya mau sharing tentang menjadi LO (Liaison Officer). Siapa tahu ada sister yang tertarik untuk menggeluti 'profesi' satu ini ;)

Dalam sebuah event atau project, sebutan LO biasa disematkan kepada seseorang yang bertanggungjawab meng-handle public figure yang menjadi tamu atau guest star. Nama yang lain sih banyak, misalnya waktu saya syuting film Tendangan dari Langit, istilahnya Talent Coordinator.

Kalau ga salah, pertama kali saya jadi LO, adalah waktu 'megang' kru dan pemain film Sang Pemimpi karena mereka mau promosi on-air di radio saya. Kerjaannya apa aja? Ya mulai dari ngajakin makan siang, melakukan briefing untuk siaran radio (kebetulan yang siaran juga saya), dan mengurusi hal-hal kecil seperti hadiah untuk penelepon dan lain-lain.

Alhamdulillah tim saya jumlahnya cukup banyak, jadi ga kerepotan ngurusnya. Bonusnya, ketemu sama Nicholas Saputra yang lagi membersamai mbak Mira Lesmana (produser Sang Pemimpi) untuk peringatan Soe Hok Gie. Ganteng banget, subhanallah.. Hahaha.

Selanjutnya, beberapa kali saya jadi LO lagi, cuma agak lupa. Kayaknya J-Rock gitu pernah juga.. Lucunya, jam segini mereka udah waktunya standby, eeeh masih di salon pula, dan si Iman (drummer) minta makan bakso dulu. Puyeng ngaturnya.

Yes, kadang artis tuh BM (Banyak Mau) kan. Padahal tanggung jawab kita adalah make sure mereka melakukan perform dengan sempurna: on time, dan acaranya juga berjalan lancar. Plus, mereka juga harus happy when doing their job. Jangan sampai mereka ngerasa kesel karena ada ketidaksempurnaan event, dan mereka yang harus nanggung. Misal: kita telat jemput mereka di bandara, terus outfit belum beres, eh rundown acara ga jelas pula.

Selain jadi LO di event, saya pernah mendampingi beberapa aktor dan aktris di film Tendangan dari Langit. Waktu itu krunya lumayan dikit, tapi kerjaannya banyak, jadi everybody is always in charge every single hour. Gitu masih sempet berantem juga siapa yang mau nge-LO-in Maudy Ayunda – dan saya yang dapet, yaaay! Hihihi.


Padahal, awalnya saya ga ngira kalau bakal jadi LO. Ceritanya kan astrada TDL, mas Fajar Nugros itu alumni SMA saya, dan saya kan memang skripsinya tentang Persema. Coach Timo cuma bilang bantulah dampingi tim Persema. Oke fine, eh gataunya di suatu pagi, ada panggilan masuk di HP saya..

Penelepon: Prima, nanti kamu jemput Agus Kuncoro ya di bandara jam 10. Drivernya mas xxxxx, ketemu di Mess xxxxx jam 9.
Saya: Errr, ini siapa ya? *bingung
Penelepon: Ini Zaskia..
Saya: Zaskia siapa?
Penelepon: Zaskia Bramantyo..
Saya: - matik – Zaskia Adya Mecca?
Penelepon: - ketawa – haha iya, Nugros ga bilang ya?

Muka saya memerah bak kepiting rebus saat itu. Dan begitulah, berturut-turut saya jadi LO untuk Sudjiwo Tedjo, Joshua Suherman, Jordi Onsu, Natasha Chairani, mas-mas yang jadi Azzam di  Ketika Cinta Bertasbih, dan beberapa pesepakbola asing yang jadi supporting act. Sampai sekarang, Joshua kadang suka becandain SMS saya yang terlalu formal. Kebetulan yang jemput tim yang lain, jadi saya belum sempat ketemu dia.

Saya: “Halo, ini prima, LO kamu. Besok saya jemput jam6, tolong standby jam5.45 ya. Terima kasih.”

Mihihihihi.

Untuk masalah komunikasi ini, memang tiap orang berbeda. Ada yang gampang aja dibecandain, kayak Om Sujiwo Tejo atau Joshua ini. Tapi ada juga yang (menurut saya) kurang bisa lepas sama orang baru, ya seperti mas Agus Kuncoro. Kalau udah gini, biasanya saya ngomongin hal-hal yang umum aja, kayak mempromosikan kota (Malang), atau ngobrolin tentang hobi dan minat si artis. Usahain supaya ga garing, tapi don't try too hard to be funny. Nanti kalau udah agak lama, biasanya akan mencair juga :)

Hal terakhir yang perlu diperhatikan, adalah kenyamanannya, terutama menyangkut masalah fans. Saya sempet pusing banget ngurus fans-nya Irfan Bachdim selama syuting, nah disini butuh banyak koordinasi sama si artis dan kru yang lain. Berhubung waktu itu kami mesti ngejar schedule yang lain, saya strict banget sama Irfan dan melarang dia foto sama siapapun, bahkan wartawan sekalipun. Thank God dia asik aja sama request saya.

So, kasarannya nih, jadi LO tuh jadi 'pembantu' artis di event/project itu. Sedihnya lagi, kadang kita sendiri ga ada waktu buat foto bareng soalnya ribet ngurusin yang lain padahal seharian sama-sama. But the good news is, kalau pinter memanfaatkan waktu, jadi LO berarti kamu bisa curi ilmu dari public figure tersebut. Apalagi kalau kamu memang nge-fans banget dan punya interest yang sama. Puas-puasin deh tanya-tanya tips dan trik supaya bisa sesukses mereka.

And it happened to me when I become the LO for mbak Ollie di acara Hijab and Dream. Tujuan utama saya, jujur, pingin liat gimana cara kerja mbak Ollie dalam sehari. Tau sendiri mbak Ollie punya banyak bisnis dan masih aktif berkarya baik nulis maupun jadi pembicara. Alhamdulillah, mbak Ollie juga sangat terbuka, ga pelit bagi tips :D

Terima kasih testimoninya kakak :)))

Now, this is the time. Buat kamu yang pingin banget belajar jadi LO, kamu bisa jadi LO buat penulis-penulis kece dari dalam dan luar negeri. Daftar aja jadi Volunteer di Ubud Writers and Readers Festival 2014. Baca baik-baik kebutuhan mereka, dan segera daftar ya. Siapa tahu kita bisa main-main bareng di Ubud nanti! ;)

Lots of love,
Prima

14 comments:

  1. Waaa..... mas Kholidi asadil alam???? *melotot iri*
    Tambah cintak deh sama mba prim... kereeenn :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, orangnya santun, kemana-mana dianter ortu sama saudara2.
      aku punya foto bareng dia tapi males nyari.. hihihihi
      aduh sayang sekali yg ngomong cinta ke aku bukan..... *sinyal ilang*

      Delete
  2. Replies
    1. lho maudy ayunda yg keren bisa ketemu aku #eh :)))

      Delete
  3. Aiiih, jahatnya bikin aku iri setengah mati. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuuh ini namanya memotivasi sayaaang, hoho
      selamat ulang tahun! :*

      Delete
  4. Makkk kece banget ketemu artis melulu hahaha. Maunya jadi LO artis luar, bisa? hahahha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balesss, iya bisa banget..
      coba aja di konser2 atau syuting film luar yang dilakukan di Indonesia.
      kalau konser, bisa tanya2 ke mbak Melanie Subono, biasanya dia open sama anak magang :)

      Delete
  5. kak prima ini menarik banget ya , nggak ngebayangin ribetnya :"D

    ReplyDelete
  6. aaak, nyasar di postingan ini
    asik banget ya kak jadi LO artis gitu :3

    kalau kemaren nge-LO-in artis, besok malah orang lain yg nge-LO-in kakak :P *asik
    haha

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...